Thursday, October 15, 2009

Pemprov Sumatera Utara akan Rekrut 11.043 CPNS

Pemprov Sumatera Utara (Sumut) akan merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 11.043 orang. Rinciannya, jumlah pelamar umum mencapai 1.179 orang,sementara untuk tenaga honorer mencapai 9.864 orang.Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumut Mangasing Mungkur mengatakan, khusus untuk penerimaan di lingkungan Pemprov Sumut, jumlah pelamar umum yang diterima berjumlah 19 orang, sementara untuk tenaga honorer mencapai 696 orang. ”Dengan penerimaan tenaga honorer ini, jumlah tenaga honorer di Pemprov Sumut untuk tahun ini tinggal 1.200 orang dan direncanakan akan diangkat secara bertahap hingga 2009. Jadi, pada 2009, pegawai honorer sudah habis,” katanya kepada wartawan di Medan, kemarin.

Hanya saja, mungkin belum bisa memastikan jadwal pelaksanaan perekrutan CPNS pada 2007 karena masih harus menunggu usulan dari kabupaten dan kota di Provinsi Sumut. ”Memang formasinya sudah diserahkan ke kabupaten dan kota. Jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS baru bisa didapatkan jika mereka sudah mengusulkan tenaga dari disiplin ilmu mana saja yang mereka butuhkan. Yang pasti, kita akan tetap mengoordinasikan jadwalnya agar jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS sama,” ucapnya.

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Men PAN) Taufiq Effendi mengatakan, secara nasional, formasi penerimaan CPNS tahun 2007 direncanakan diisi oleh 300. 000 orang dengan rincian alokasi 225.000 digunakan untuk mengangkat tenaga honorer dan 75. 000 untuk pelamar baru.Penerimaan untuk pelamar umum diutamakan untuk tenaga pelayanan dasar dan tenaga teknis yang benar-benar dibutuhkan. Tahun ini, sesuai kebijakan pemerintah untuk menyelesaikan masalah tenaga honorer. ”Tenaga honorer yang sudah masuk database Biro Kepegawaian Nasional (BKN) akan diangkat secara bertahap menjadi CPNS sampai 2009.

Karena itu, dia meminta tenaga honorer tak perlu khawatir. ”Taufik mengaku, sisa tenaga honorer tinggal 176.000 orang dan akan dikurangi hingga habis pada 2009,” jelasnya kepada wartawan seusai Forum Dialog Netralitas PNS dalam Pilkada 2008 di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumut (Gubsu) Medan, kemarin. Taufiq mengungkapkan, pelaksanaan sistem penerimaan CPNS untuk formasi 2007 dikembalikan kepada daerah di kabupaten dan kota agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing. Selama ini, sistem penerimaan CPNS dilakukan secara nasional sehingga PNS yang direkrut sering tidak sesuai kebutuhan. (maria christina malau/sindo)

Dikutip dari: http://infokito.wordpress.com/2007/09/22/pemprov-sumatera-utara-akan-rekrut-11043-cpns/

No comments:

Post a Comment